Hari a "Gelombang pasang" Sampai di Chicago

“Ombak besar menghantam danau kota setempat.” lelucon April Mop? Mungkin. “Gelombang Pasang Raksasa Menerjang Chicago.” Apakah itu lucu? Tidak. Ini adalah berita utama dari Chicago Daily News edisi malam pada tanggal 26 Juni 1954.

Saya meninggalkan rumah dengan Chevy saya yang telah dipalu sekitar jam 9:00 pagi pada hari Sabtu pagi yang hangat di bulan Juni 1954 dan berkendara ke kota ke Pantai Montrose di Danau Michigan dan pelabuhan untuk bertemu ayah saya dan beberapa teman di Wilson Bait Shop Rocks di mana dia hang. pergi dengan teman-temannya memancing. Kami akan memancing ikan Perch …… yaitu ikan daging putih kenyal yang merupakan cita rasa Surga saat digoreng dan disajikan bersama, lemon, saus tartar dan kentang goreng akordeon. Mempersiapkan tahun terakhir sekolah menengah saya, saya telah bekerja keras dalam konstruksi dan membutuhkan sedikit sinar matahari dan relaksasi. Bertengger adalah jawabannya Sabtu pagi ini, tapi saya akan menemukan sesuatu yang sedikit berbeda…… sesuatu yang tidak akan pernah saya lupakan.

Ketika saya memasuki tempat parkir, saya melihat airnya penuh meskipun hari itu cerah. Danau itu bergelombang luar biasa. Saya juga melihat orang-orang berlarian menuju dermaga. Ada perasaan sesuatu yang sangat serius dan sangat buruk terjadi dan segera dan secara naluriah saya menuju ke toko umpan untuk menghubungi ayah saya. Dia melihat saya datang dan berkata “ayo kita pergi ke dermaga, mereka butuh bantuan di sana,” dan kami pergi dengan kecepatan penuh bersama banyak orang lainnya. Sebuah Seiche (diucapkan sayh) telah menghantam Pelabuhan Montrose tanpa peringatan pagi Juni ini. Tingginya 8 kaki dan lebar 25 mil dan menyentuh seluruh danau Chicago …… dari Michigan City, Indiana ke North Shore. Delapan orang tewas, kebanyakan dari mereka memancing di Pelabuhan Montrose di mana sekitar 15 atau 20 nelayan tersapu dari dermaga beton sempit setinggi 175 kaki. Dan kita tahu banyak dari mereka.

Ketika kami tiba, para perenang dan nelayan berlari mencari perlindungan. Pria, wanita dan anak-anak bergegas dan jatuh. Kapal pesiar mengapung lebar di air. Gelombang di beberapa titik telah bergegas 150 kaki ke pantai sebelum mereda dalam hitungan menit yang menjelaskan mengapa saya melihat begitu banyak air saat saya berhenti di tempat parkir. Ada penyelamatan, kepanikan, keputusasaan, dan jalan keluar yang sempit. Sayangnya, kami terlambat untuk membantu dan kemudian berdiri tak berdaya saat tim penyelamat memulai pekerjaan berat untuk menarik setiap mayat dari danau. Rupanya, para nelayan yang tadinya berbaring telentang, malas menggerakkan pancing di dalam air, baru hanyut dari dermaga saat air meluap dan membanjiri mereka. Nelayan di dermaga North Avenue, beberapa mil ke selatan, juga tersapu ke dalam danau, dan pekerjaan suram yang sama sedang dilakukan di sana. Di antara mereka yang terlempar ke dalam air adalah Ted Stepinski, yang sedang memancing bersama putranya Ralph, 16 tahun. Ralph meninggalkan lokasi sesaat sebelum ombak menerjang. Ketika dia pulang, ayahnya sudah pergi. Hal yang sama terjadi pada John Jaworski yang juga sedang memancing bersama anaknya. Fakta-fakta tragis hampir tidak diperhatikan dan tinggal bersama saya untuk waktu yang lama setelah itu.

Berita tentang datangnya ombak dengan cepat disebarkan oleh polisi taman yang membersihkan nelayan dari dermaga di 61th St. Di Jackson Park beberapa menit sebelum air merendam area tersebut. Di Pantai Loyola di utara, ombak memecah tembok laut setinggi 9 kaki. Semua dermaga di cekungan kapal pesiar Belmont Harbour terendam banjir ketika ombak menaikkan permukaan air di sana sekitar 6 kaki.

Sebelum 26 Juni, tidak ada yang pernah mendengar kata “Seiche.” Setelah 26 Juni, kebanyakan dari kita adalah ahli dalam fenomena tersebut.
Secara khusus, “Seiche harus terjadi di badan air tertutup seperti danau, teluk atau teluk. Seiche, kata Perancis yang berarti” bergoyang ke sana kemari “, adalah gelombang berdiri yang berosilasi di danau sebagai akibat dari seismik atau atmosfer gangguan menciptakan fluktuasi besar dalam tingkat air. beberapa detik. Gelombang berdiri bergelombang bolak-balik antara tepi danau, sering disebut sebagai perubahan seperti pasang surut di Great Lakes, oleh banyak orang.Sebagian besar seiches di Great Lakes adalah hasil dari atmosfer gangguan dan penghentian angin, bukan aktivitas seismik atau gaya pasang surut yang besar ”(Heidorn 2004; Wittman 2005).

Seiche khusus ini, yang paling berbahaya dari tiga jenis, didorong oleh garis badai yang parah dengan angin kencang dan perubahan cepat dalam tekanan atmosfer yang mendorong permukaan danau dan menyeberang ke selatan Danau Michigan beberapa jam sebelumnya, melalui dari barat laut. ke tenggara. Seolah-olah Anda menjatuhkan batu di tengah seember air dan melihat riak bergerak dari tengah. Tekanan atmosfer yang disebabkan oleh badai adalah batu dan riaknya adalah Seiche. Seperti air yang mengalir bolak-balik di bak mandi, garis gelombang yang bergerak cepat dengan tekanan atmosfer yang kuat menyebabkan danau beriak bolak-balik dan permukaan air naik di sepanjang garis pantai dan berlabuh hingga 10 kaki dalam hitungan menit dan tanpa peringatan .

Tidak seperti tsunami, yang dapat bergerak melintasi lautan terbuka dengan kecepatan sangat tinggi, Seiche bergerak lebih lambat. Dibutuhkan 80 menit bagi Seiche untuk menempuh jarak 40 mil dari Michigan City ke pantai Chicago di North Avenue. Itu sekitar 30 mph. Seiche menghantam seluruh pantai Illinois dengan gelombang setinggi sekitar 2 hingga 4 kaki, tetapi mencapai ketinggian maksimum 10 kaki ketika mendekati dermaga North Avenue.

Sebagai saksi mata setelah kejadian itu, saya terkejut dengan cara pers Chicago mendramatisasi tragedi itu. The Chicago Daily News, yang sekarang sudah tidak beroperasi lagi, menerbitkan tajuk utama yang bertuliskan dua inci huruf hitam: “GELOMBANG BESAR DI SINI! Banyak yang Terhanyut ke Danau; Takut 10 Tewas. Ibu dari 11 Korban. 3 Penyelam, Satu Perahu Berburu. Tiga Orang Tenggelam dan beberapa lainnya dikhawatirkan hilang pada hari Sabtu ketika gelombang selebar 25 mil menghantam pantai Danau Michigan di sini. Gelombang aneh, diperkirakan setinggi 3 hingga 10 kaki, melanda sekitar jam 9 pagi Dari Jackson Park utara ke Wilmette. Jumlahnya tidak dapat ditentukan ditentukan. orang telah tersapu ke dalam danau. Perkiraan jumlah kematian setinggi 10 ……. “Tidak ada” gelombang pasang besar; ” ada Seiche yang aneh dan mematikan. Sejak itu, ada banyak ketakutan dan laporan tentang seiches yang lebih kecil, tetapi tidak ada yang menyebabkan kerusakan atau kematian serupa.

Menariknya, bagaimanapun, salah satu bencana terbesar di kota Buffalo, NY dalam sejarah yang tercatat terjadi pada pukul 11 ​​malam pada tanggal 18 Oktober 1844 ketika dinding air dengan cepat menenggelamkan kawasan komersial dan perumahan di sepanjang pantai. Bencana itu terjadi tanpa peringatan, menghancurkan tembok laut setinggi 14 kaki dan membanjiri wilayah pesisir. Laporan pers menunjukkan bahwa 78 orang tenggelam. Tragedi itu juga disebabkan oleh Seiche, karena angin kencang yang berkepanjangan menghasilkan Seiche dengan mendorong air ke salah satu ujung Danau Erie. Ketika angin berhenti, atau bergeser ke arah yang berlawanan, air bergerak kembali ke arah asalnya dan Seichedid sisanya. Diperkirakan Buffalo memiliki dua atau tiga seiches setahun, tetapi ancaman itu sebagian besar dihilangkan dengan membangun pemecah gelombang di Danau Erie, sebuah proyek yang dimulai pada tahun 1860-an.

Berbeda dengan Tsunami dahsyat yang disebabkan oleh gempa bumi bawah laut, seiches tidak pernah menyebabkan banyak kerusakan di Great Lakes, dan sebagian besar tidak diperhatikan karena relatif halus dan tidak terlihat, menyebabkan permukaan air di pantai naik hanya satu kaki atau kurang.

Tapi yang ini sangat jelas dan terjadi pada Sabtu pagi yang tenang dan hangat di Chicago. Apa yang dimulai sebagai hari memancing damai ternyata menjadi pengalaman yang tetap ada dalam pikiran saya dan, saya percaya, layak untuk dibagikan. Satu hal yang pasti, kita tidak akan pernah mengalami Seiche di sini ………. setidaknya saya rasa tidak.

“Itu tidak masuk seperti tembok ….. air baru mulai naik dan terus mengalir sampai mungkin 6 kaki lebih tinggi dari biasanya.” Dick Keating, Foreman Belmont Harbour dan saksi mata.